Cari Blog Ini

10.08.2010

Filsafat Islam dan Tasawuf

Oleh: Dr. Hammis Syafaq, M.Fil.I
Pendahuluan
Pembahasan tentang filsafat adalah pembahasan yang identik dengan polemik, debat dan kritik. Banyak kalangan yang menuduh kajian filsafat sebagai sesuatu yang tiada guna. Belajar filsafat pun sering diibaratkan seperti mencari kucing hitam di dalam ruangan yang gelap,[1] bahkan tidak sedikit yang menyebut kajian filsafat dalam Islam identik dengan kekufuran.
Memang kajian filsafat dalam Islam tidak lepas dari polemik, terutama jika pembahasannya terkait dengan masalah Ketuhanan, kenabian dan alam akhirat. Ima>m al-Ghaza>li> misalnya, telah menulis sebuah buku yang berjudul Taha>fut al Fala>sifah dan al Munqidh min al D}ala>l yang isinya adalah kritik terhadap pemikiran beberapa filosuf muslim atas beberapa masalah yang dianggap telah menyesatkan umat Islam.[2]
Tuduhan negatif yang diarahkan kepada filsafat juga dirasakan oleh Muh}ammad ‘Abduh, di mana ketika hendak melanjutkan studinya di Universitas al-Azhar Kairo pada jurusan filsafat, ia mendapat teguran dari orang tuanya dan menasehatinya agar mengurungkan niatnya belajar filsafat.[3] Padahal, sebagaimana dikemukakan oleh Abu> H}ayya>n al-Tawh}i>di>, berfilsafat adalah salah satu bentuk dari pemanfa’atan nikmat Allah yang berupa akal sesuai dengan fungsinya,[4] di mana akal oleh al-Tawh}i>di> diibaratkan sebagai cahaya bagi kehidupan manusia, sehingga dengan menggunakan akal untuk berpikir, manusia menjadi lebih mulia dari binatang.[5]
Ah}mad Ami>n dalam Maba>di’ al Falsafah mengatakan bahwa semua manusia di dunia ini tanpa terkecuali sedang berfilsafat. Alasannya, semua manusia di dunia ini pasti berpikir, dari mulai yang sederhana hingga pada masalah yang mendalam, karena berpikir adalah bagian dari kehidupan manusia. Berpikir adalah arti sederhana dari berfilsafat, sehingga seseorang yang menolak filsafat dengan berbagai macam argumentasinya, sesungguhnya tanpa disadari ia sendiri telah berfilsafat.[6]
Memang filsafat dalam Islam lahir dari spekulasi filosofis tentang warisan filsafat Yunani yang diterjemahkan ke dalam bahasa Arab pada sekitar abad ke-3 H atau abad ke-9 M ketika puncuk kekuasaan khila>fah dalam Islam dipegang oleh al-Ma’mu>n.[7] Akan tetapi terdapat perbedaan di antara keduanya, di mana filsafat Islam menjadikan al-Qur’a>n dan h}adi>th atau wahyu sebagai sumber sentral bagi spekulasi filosofisnya, sementara filsafat Yunani menjadikan akal sebagai sumber tunggal bagi spekulasi filosofisnya.[8] Maka inti daripada kajian filsafat dalam Islam sebenarnya adalah mengantarkan umat Islam untuk memahami keberadaan Tuhan, sehingga bisa menjadi semakin dekat dengan Allah bukan sebaliknya. Maka dalam filsafat Islam ditemukan sebuah kajian yang bertujuan untuk mengajak manusia agar selalu dekat dengan Allah. Kajian itu biasa disebut dengan tasawuf.
Oleh karena itu kajian tentang hubungan antara filsafat Islam dengan tasawuf sungguh sangat menarik untuk dilakukan, sehingga tuduhan negatif yang diarahkan kepada filsafat Islam dapat segera dilurushkan. Tulisan ini mencoba untuk mengupas pembahasan tersebut sehingga dapat ditemukan pemahaman minimal yang dapat dijadikan sebagai salah satu bahan untuk kajian lanjutan.
Hubungan antara Filsafat dan Tasawuf
‘Abd al-H}ali>m Mah}mu>d, dalam al Tafki>r al Falsafi> fi> al Isla>m, memunculkan sebuah pertanyaan, apakah terdapat korelasi antara filsafat dan tasawuf? Jika ada, bagaimana bentuk korelasinya?[9]
Dalam beberapa literatur dinyatakan bahwa kata filsafat (al falsafah) berasal dari bahasa Yunani yang sudah mengalami Arabisasi, yaitu berasal dari kata philo yang berarti mencintai dan Sophia yang berarti kebijaksanaan.[10] Lalu apa yang disebut dengan kebijaksanaan? ‘Abd al-H}ali>m Mah}mu>d dengan merujuk pada pemikiran Ibn Si>na> mengatakan bahwa kebijaksanaan (h}ikmah) adalah penyempurnaan jiwa manusia dengan cara menganalisa segala perkara yang dihadapinya dan meyakini segala bentuk kebenaran teoritik maupun praktis sesuai dengan kemampuan dirinya sebagai manusia, sehingga dapat memahami dengan baik bagaimana hidup bermasyarakat, berkeluarga, mana yang baik dan mana yang buruk. Semua itu, menurut  ‘Abd al-H}ali>m Mah}mu>d dapat dilakukan oleh manusia jika ia mengetahui keberadaan Allah (al ma’rifah bi Alla>h), karena dengan mengetahui keberadaan Allah, manusia akan menjauhi perbuatan yang buruk untuk melakukan perbuatan yang baik. Maka inti daripada filsafat Islam adalah mengungkap kebaradaan Allah. Artinya, filsafat adalah sarana untuk mencapai pengenalan diri dengan Allah.[11]
Sementara tasawuf atau sufisme dapat dideskripsikan sebagai interiosasi dan intensifikasi dari keyakinan dan praktik Islam. Memang belum ditemukan kata sepakat di antara peneliti tentang arti sebenarnya dari sufisme, baik pada tataran etimologis maupun terminologis.[12] Tidak adanya kesepakatan definisi dari tasawuf itu dapat dilihat dari beberapa istilah yang beragam, terkadang disebut sebagai mistisisme Islam, terkadang pula disebut sebagai esoterisisme Islam. Pada tataran etimologis sering ditemukan pendapat yang menyebut tasawuf berasal dari kata s}awf yang berarti wol, artinya seorang sufi adalah seseorang yang berbusana wol. Pada abad ke-8 kata tersebut digunakan untuk menyebut orang muslim yang karena kecenderungan asketisnya menggunakan pakaian wol yang kasar dan tidak nyaman. Tetapi secara bertahap istilah ini digunakan untuk menunjuk sekelompok orang muslim yang membedakan dirinya dari yang lain dengan cara menekankan ajaran-ajaran dan praktik-praktik khusus dari al-Qur’a>n dan sunnah.[13]
Tidak ditemukannya kata sepakat terhadap definisi tasawuf, menyulitkan kita untuk membedakan mana yang sufi dan mana yang bukan. Menjadi sufi tentu saja tidak berkaitan dengan pemisahan diri dari Sunni> atau Shi>’ah ataupun dengan madzhab-madzhab fiqh dalam Islam.
Secara umum, istilah tasawuf sering digunakan untuk menyebut sekelompok muslim yang memperhatikan dengan sungguh-sungguh seruan Allah untuk menyadari kehadiranNya, baik di dunia maupun di akhirat, di mana mereka lebih menekankan hal-hal batiniah di atas lahiriah, kontemplasi di atas tindakan, perkembangan spiritual di atas aturan hukum dan pembinaan jiwa di atas interaksi sosial. Pada tingkat teologi misalnya tasawuf berbicara perihal ampunan, keagungan dan keindahan Tuhan.[14] Intinya adalah mendekatkan diri kepada Allah sehingga dapat selalu merasakan bahwa Allah selalu hadir bersama manusia. Keyakinan ini biasa digambarkan dalam konsep yang biasa disebut dengan istilah ih}sa>n. Untuk menumbuhkan konsep ih}sa>n pada diri setiap muslim, Nabi mengajarkannya melalui h}adi>thnya an ta’bud Alla>h ka annaka tara>hu fa in lam takun tara>hu fa innahu> yara>ka (beribadah kepada Allah seakan-akan kita melihatNya, jika tidak mampu, dengan menumbuhkan keyakinan bahwa Allah Melihat kita). Konsep ini dimunculkan berdasarkan pada kayakinan bahwa sebab manusia melakukan keburukan adalah karena kurang memiliki keyakinan bahwa Allah selalu melihatnya.
Pentingnya ajaran tasawuf dalam Islam tidak lepas dari adanya dua unsur yang saling melengkapi, yaitu unsur lahir dan unsur batin. Unsur lahir diwakili oleh shari>’ah, sementara unsur batin diwakili oleh h{aqi>qah. Shari>’ah merupakan pintu masuk menuju h{aqi>qah, dan h{aqi>qah merupakan tujuan yang dari pelaksanaan shari>’ah.
Perbedaan antara shari>’ah dan h{aqi>qah dapat diibaratkan seperti kulit dan isi atau lingkaran dan titik tengahnya. Rene Guenon, seorang tokoh ternama dalam mistisisme Kristen yang kemudian masuk Islam melalui pendekatan sufisme mengatakan bahwa antara shari>’ah dan h{aqi>qah tidak dapat dipisahkan. Demikian pula dengan Abu> ‘Ali> al-Daqqa>q juga mengatakan bahwa antara shari>’ah dan h{aqi>qah tidak dapat dipisahkan dalam Islam. Ia menggambarkan bahwa ayat iyya>ka na’bud sebagai ayat yang berkonotasi shari>’ah, sementara iyya>ka nasta’i>n sebagai ayat yang berkonotasi h{aqi>qah.
Memang banyak kalangan, terutama orientalis, mengatakan bahwa ajaran tasawuf bersumber dari agama Hindu atau Budha. Adapula yang menyebut bahwa tasawuf bersumber dari ajaran Kristen. Memang tuduhan itu sangat berasalan, karena antara ajaran tasawuf dalam Islam dan mistisisme dalam Kristen, Hindu dan Budha terdapat kesamaan, seperti konsep wah{dat al wuju>d, yang dalam ajaran Hindu atau Budha disebut dengan Vedanta. Selain itu banyak tokoh sufi dalam Islam yang berasal dari non-Arab, seperti Ibra>him bin Adham, Shaqi>q al-Balkhi>, Abu> Yazi>d al-Busta>mi>, Yah{ya> bin Mu’a>dh dan lain sebagainya. Di samping itu ajaran tasawuf tumbuh dan berkembang di Khura>sa>n, sebuah kawasan di Persia yang erat sekali dengan budaya Hindu dan Budha.
Kesimpulan
Jika dilihat tujuan dari kajian filsafat dalam Islam dan tasawuf dapat ditarik kesimpulan bahwa kedunya sama-sama berupaya untuk mengantarkan manusia memahami keberadaan Allah, sehingga mau melakukan kebaikan dan meninggalkan keburukan. Upaya untuk melakukan kebaikan dan meninggalkan keburukan itulah yang dapat mengantarkan manusia kepada kesempurnaan jiwa.
Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa korelasi antara filsafat dalam Islam dan tasawuf adalah sebagai berikut; filsafat lebih bersifat teoritik, sementara tasawuf lebih bersifat praktis. Artinya, antara filsafat Islam dan tasawuf sama-sama berupaya untuk mengantarkan manusia agar memahami keberadaan Allah, di mana filsafat sebagai sarana teoritis yang dapat mengantarkan manusia kepada keyakinan praktis. Keyakinan praktis inilah yang menjadi wilayah tasawuf. Jadi tujuan belajar filsafat Islam adalah untuk mencapai wilayah tasawuf.

[1] Muh}ammad H}amdi> Zaqzu>q, al Di>n wa al Falsafah wa al Tanwi>r (Kairo: Da>r al Ma’a>rif, 1996), 10.

[2] Baca Ima>m al-Ghaza>li>, Taha>fut al Fala>sifah (Kairo: Da>r al-Ma’a>rif, t.t.).
[3] Muh}ammad ‘Abduh, al A’ma>l al Ka>milah (Kairo: Da>r al Shuru>q, 1980), Jilid III, 15.
[4] ‘Abd al-Qa>dir Mah}mu>d, Abu> H}ayya>n al-Tawh}i>di> wa Qad}iyyat al Falsafah (Kairo: t.p., 1989), 8.
[5] Abu> H}ayya>n Al-Tawh}i>di>, al Imta>’ wa al Mu’a>nasah.
[6] Ah}mad Ami>n, Maba>di’ al Falsafah (Kairo: Maktabat Nahd}ah, 1965), 1-2.
[7] Muh}ammad ‘Abd l-Ha>di>,al Falsafah wa ‘Ilm al Kala>m wa al Tas}awwuf” dalam Tura>th al Isla>m (Kuwait: Da>r al-Ma’a>rif, 1998), 47.
[8] Seyyed Hossein Nasr, “Filsafat” dalam Eksiklopedia Oxford Dunia Islam Modern (Bandung: Penerbit Mizan, 2001), Jilid II, 71-76.
[9] ‘Abd al-H}ali>m Mah}mu>d, al Tafki>r al Falsafi> fi> al Isla>m (Kairo: Da>r al-Ma’a>rif, t.t.), 163.
[10] Muh}ammad Ibra>hi>m al-Fayyu>mi>, Ta>rich al Falsafah al Isla>miyyah fi> al Mashriq (Kairo: Da>r al-Thaqa>fah, 1991), 139.
[11] ‘Abd al-H}ali>m Mah}mu>d, al Tafki>r al Falsafi> fi> al Isla>m, 163-169.
[12] Yogi Prana Izza, “Antara Tasawuf Islam dan Mistisisme Kristen” dalam al ‘Ibrah Vol. 1 (Medan: Pesantren Raudhatul Hasanah, 2003), 101-108.
[13] William C. Chittick, “Sufism” dalam Oxford Encyclopedia of Islamic Modern World, V, 207.
[14] Ibid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar